Paket Wisata Wakatobi

Pulau-Pulau Eksotis di Taman Nasional Wakatobi

Pulau-Pulau Eksotis di Taman Nasional Wakatobi

 

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu Taman Nasional terbesar di Indonesia, luas keseluruhan dari Taman Nasional Wakatobi adalah 1,39 juta hektar

Di dalam kawasan Taman Nasional ini terdiri dari keanekaragaman hayati di dalam laut. Taman Nasional Wakatobi menjadi pusat penelitian bawah laut di dunia. Tidak heran karena Taman Nasional Wakatobi merupakan konservasi kelautan terbesar di Indonesia. Kedalaman dasar laut Taman Nasional ini bervariasi, mulai dari yang paling dangkal hingga sedalam 1 KM.

Keanekaragaman hayati dan juga biota laut di dalam kawasan Taman Nasional ini sangat lengkap. Terdapat ratusan spesies ikan laut dan juga ratusan jenis terumbu karang. Tidak hanya itu, di Taman Nasional Wakatobi juga tidak sulit untuk menjumpai berbagai jenis burung yang bertengger di terumbu karang yang eksotik dan yang paling menarik adalah, di tempat ini juga menjadi tempat perkembangbiakan penyu alami. Pada musim-musim tertentu akan di jumpai ribuan penyu yang bertelur di pantai di pulau-pulau yang terdapat di kawasan Taman Nasional Wakatobi. Di dalam Taman Nasional Wakatobi sendiri terdapat beberapa pulau. Untuk lebih jelas lagi, di bawah ini adalah pulau-pulau yang terdapat di Taman Nasional Wakatobi :

Pulau ini merupakan pulau yang menjadi pintu masuk dari Taman Nasional Wakatobi. Di dalam pulau ini terdapat banyak resort yang menyediakan fasilitas menyelam. Pulau Wangi Wangi di kenal sebagai tempat barang import bekas dengan harga yang miring. Karena merupakan pintu masuk dari Taman Nasional Wakatobi, ada rencana akan adanya pembangunan Bandara di pulau ini.

Pulau ini sama eksotiknya dengan pulau-pulau lain di Taman Nasional Wakatobi. Yang membedakan adalah di pulau ini terdapat karang yang berbentuk meja (Table Coral). Inilah yang menjadi daya tarik utama pulau ini.

Pulau ini merupakan destinasi utama bagi para penyelam profesional di Indonesia maupun Internasional. Keindahan biota laut dan juga karang di sekitar Oulau Hoga masih sangat terjaga. Pada bulan Juni hingga Agustus, pulau ini akan dipenuhi oleh wisatawan mahasiswa dari Eropa yang ingin melakukan penelitian tentang terumbu karang dan ilmu kelautan. Pantai di pulau Hoga berpasir putih dan sangat bersih. Jika melihat ke arah laut dari dermaga, akan terlihat taman bawah laut berupa deretan terumbu karang yang indah dan eksotik. Untuk anda yang ingin bermalam di Pulau ini, terdapat ratusan penginapan berupa rumah panggung di sekitar pulau Hoga

  • Pulau Tomia

Pulau ini merupakan salah satu pulau bersejarah di Indonesia. Tidak melihat dari sisi keindahan alamnya, pulau ini justru menjadi daya tarik di Taman Nasional Wakatobi karana nilai historynya. Di pulau Tomia terdapat sebuah sumur berdiameter kecil dengan kedalaman 100 meter. Konon pada jaman dahulu sumur ini di gunakan untuk tempat hukuman dengan cara memasukkan orang yang dianggap bersalah ke dalam sumur tersebut. Di Pulau Tomia juga terdapat peninggalan perang berupa meriam yang masih utuh.

  • Pualu Biningko

Pulau ini merupakan salah satu pulau di Taman Nasional Wakatobi, di pulau ini banyak di temukan orang-orang yang berprofesi sebagai pandai besi. Jika anda beruntung, di laut sekitar pulau ini akan menjumpai lumba-lumba yang berenang beriringan.

Demikian adalah beberapa pulau yang terdapat di dalam kawasan Taman Nasional Wakatobi. Anda berminat untuk berkunjung ke Taman Nasional ini? Segera atur jadwal libur anda dan meluncur ke Wakatobi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan menambah referensi liburan anda. Selamat menikmati liburan bersama keluarga. Hubungi paketwisatawakatobi.com yang ingin jalan-jalan di Wakatobi.

About author View all posts Author website

admin